Senin, 03 September 2012

Mengganti tampilan GRUB dengan BURG


Bagi para pengguna Linux, pastinya tidak asing dengan nama GRUB. Secara default, Grub pada Linux biasanya sangat membosankan. Ada yang hanya bergambar wallpaper biasa, ada pula yang hanya layar hitam dengan pilihan OS yang ada pada komputer, laptop, atau notebook. kini anda semua bisa mengganti Grub pada Linux anda dengan BURG. Boot loader untuk Linux yag memiliki tampilan cukup menarik. 
Linux yang saya gunakan adalah Linux Mint 13 KDE  Maka, bagi anda yang menggunakan Ubuntu, bisa mengikuti perintah-perintah yang ada pada artikel ini. Cara install BURG pada Linux Mint 13 KDE
1. Hubungkan Laptop, komputer, atau notebook anda ke internet. sebab  semua paket-paket yang akan diinstall harus didownload dari internet.
2. Buka terminal Linux anda. Tambahkan repositori baru pada source list anda dengan perintah berikut:
sudo add-apt-repository ppa:bean123ch/burg
3. Update paket dengan perintah
sudo apt-get update
lanjutkan instalasi BURG dengan perintah:
sudo apt-get install burg burg-themes
4. Saat instalasi, akan muncul dimanakah anda akan memasang boot loader Linux anda. Jika anda hanya menggunakan 1 Harddisk, maka biasanya boot loader ada pada /dev/sda. Namun, jika lebih dari 1 hardisk, maka anda tentukan sendiri dimanakah anda akan memasang boot loader tersebut.
5. Setelah terpasang dengan baik, anda bisa test Burg denga perintah:
burg-emu
Beberapa tombol shortcut pada BURG saat laptop, komputer, atau notebook booting adalah sebagai berikut:
  • F1: Help
  • F2: Change Theme
  • F3: Change Resolution
Banyak theme BURG yang bisa anda gunakan untuk mempercantik tampilan boot loader Linux  milik anda. Anda bisa mengunduh theme burg secara gratis. Bisa anda cari melalui Google. Folder theme dari BURG adalah:
/boot/burg/themes
Dengan BURG, maka tampilan boot loader Linux milik anda akan lebih menarik. Apalagi jika tampilan GRUB default Linux anda hanya layar hitam dengan tulisan pilihan OS yang ada pada komputer, laptop, atau notebook anda. Salah satu theme yang saya suka dari BURG adalah UBUNTU 2. tampilan ini hanya copy past dari googe.
arabic and freedom Mengganti tampilan GRUB dengan BURG
Burg Theme
Sebagai catatan tambahan, penggantian theme anda lakukan saat komputer, laptop, atau notebook anda masuk kedalam Boot Loader setelah anda restart atau menghidupkan komputer, laptop, atau notebook anda. Cukup menarik bukan? 
 Semoga catatan kecil ini bisa bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba.


0 komentar:

Posting Komentar